Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

TROFI TERTUA YANG MASIH ADA

Jumat, 09 November 2012

Share this history on :


Piala FA Inggris yang pertama kali digelar musim 1871-72 memang tercatat sebagai turnamen tertua di dunia. Namun, berbicara soal usia trofi yang saat ini diperebutkan, Piala FA ternyata bukanlah yang tertua. Pasalnya, trofi asli Piala FA sudah raib pada 1895. Trofi yang sekarang diperebutkan adalah trofi keempat alias replika ketiga dan mulai diperebutkan pada 1992.

Adapun trofi tertua yang hingga saat ini masih ada dan diperebutkan adalah Piala Skotlandia yang pertama kali diperebutkan pada musim 1873-74. Trofinya sendiri dibeli dari sumbangan klub-klub atas surat permohonan Queen’s Park kepada Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA). Surat tersebut intinya meminta SFA untuk menarik satu pound dari setiap klub guna membeli trofi yang nantinya mereka perebutkan.

Uniknya, Queen’s Park sendiri yang pertama kali merengkuh trofi tersebut. Pada partai final yang disaksikan 3.000 penonton, mereka mengalahkan Clydesdale dengan skor 2-0. Hingga saat ini, para juara akan menerima trofi asli, namun hanya akan membawa pulang replikanya yang dibuat sama persis dengan trofi aslinya.

Sepanjang penyelenggaraan, hanya satu kali trofi Piala Skotlandia tak diserahkan kepada sang juara. Itu terjadi pada 1909. Kala itu, Glasgow Celtic dan Glasgow Rangers bertemu di final. Pada pertemuan pertama, pertandingan berakhir 2-2 sehingga dilakukan partai replay.

Sebelum partai replay itu, ada isu yang beredar bahwa SFA sebenarnya telah mengatur skor agar meraup banyak uang dari partai replay. Ini lantas menyulut amarah para fans kedua klub saat partai replay final dilangsungkan pada 17 April.

Saat hasil akhir menunjukkan angka 1-1 dan panitia mengumumkan tak ada perpanjangan waktu, para fans membanjiri lapangan dan merusak gawang. Mereka menguasai lapangan hingga 2,5 jam lamanya.

Celtic dan Rangers mengajukan petisi kepada SFA agar partai tersebut dibatalkan. Trofi dan medali pun tak diserahkan. Sebagai kompensasi, SFA memberikan uang 150 pounds bagi kedua kubu masing-masing sementara Queen’s Park mendapat 500 pounds sebagai kompensasi kerusakan lapangan yang terjadi.
Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...