Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PIALA EROPA 1960, AWAL MULA PESTA SEPAKBOLA BENUA BIRU

Rabu, 07 November 2012

Share this history on :


Tahun 1960 menjadi pesta pertama sepakbola di benua biru. Uni Soviet menjadi negara pertama yang mengukir sejarah dengan menjadi kampiun.

Sebanyak 17.966 penonton yang berada di Stadion Parc de Princes, Paris, Prancis menjadi saksi kesuksesan Uni Soviet saat menaklukkan Yugoslavia 2-1 dalam pertandingan final dengan perpanjangan waktu.

Sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Milan Galic di menit 43, Metreveli bisa menyamakan kedudukan saat babak kedua baru berjalan empat menit. Viktor Ponedelnik akhirnya menjadi penentu sukses Uni Soviet lewat golnya di menit 113 setelah di masa normal skor 1-1 tetap bertahan.

Di turnamen pertama Piala Eropa ini, kompetisi menggunakan sistim knock out. Sebanyak 17 tim menjadi kontestan dengan beberapa tim yang terpaksa absen karena berbagai alasan, seperti Jerman Barat, Italia dan Inggris.

Tiap tim yang ambil bagian akan melakoni laga home and away hingga babak semifinal. Setelah empat tim yang memasuki semifinal diketahui, tuan rumah baru ditunjuk.

Uni Soviet diuntungkan oleh keputusan Spanyol yang menolak untuk berlaga di kandang tim yang dikapteni kiper legendaris Lev Yashin itu. Alhasil, Uni Soviet pun melenggang ke semifinal tanpa harus mengeluarkan keringat.

Uni Soviet Menjadi Juara Euro Edisi Pertama

Tiga tim lain yang masuk semifinal adalah Cekoslovakia, Yugoslavia dan tuan rumah Prancis. Cekoslovakia gagal membendung Uni Soviet dan akhirnya kalah 3-0, sementara Yugoslavia menaklukkan tuan rumah 5-4. Milan Galic saat pertandingan ini juga mencatat sejarah sebagai pemain yang mencetak gol tercepat, yaitu di menit ke-11.

Di perebutan tempat ketiga, Cekoslovakia mempermalukan Prancis dengan skor 2-0. Sementara di partai puncak, Ponedelnik menjadi pahlawan Uni Soviet lewat golnya tujuh menit menjelang masa perpanjangan waktu berakhir. Lev Yashin dkk menang 2-1.

Putaran final Euro 1960
Tuan rumah: Prancis
Waktu: 6-10 Juli 1960
Tim: 4
Juara: Uni Soviet
Runner up: Yugoslavia
Jumlah pertandingan: 4
Total gol: 19 (4,75 per game)
Topskorer: Francois Heutte (Prancis), Valentin Ivanov (Uni Soviet), Viktor Ponedelnik (Uni Soviet), Milan Galic (Yugoslava), Drazan Jerkovic (Yugoslavia) – 2 gol
Partai final : Uni Soviet 2 Yugoslavia 1
Waktu : 10 Juli 1960
Tempat : Parc des Princes, Paris
Penonton : 17.966
Skor : 2-1
Gol: Galic 42’ (0-1); Metreveli 49’ (1-1); Ponedelnik 113’ (2-1)
Wasit : Ken Ashton (Inggris)
Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...