Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

SEJARAH SARUNG TANGAN KHUSUS KIPER

Rabu, 07 November 2012

Share this history on :


Pemakaian sarung tangan oleh kiper memang sudah dikenalkan Amadeo Carrizo pada medio 1940-an. Akan tetapi, sarung tangan yang dikenakan pada waktu itu masih terbuat dari wol dan biasanya hanya dikenakan pada musim dingin untuk mereduksi sengatan udara dingin yang bisa membekukan jemari tangan. Nah, sarung tangan khusus kiper baru dibuat pada 1970-an, tepatnya pada 1973.

Kala itu, Gebhard Reusch yang menjabat sebagai pemimpin perusahaan sarung tangan Reusch menggandeng Sepp Maier, kiper timnas Jerman Barat, untuk merancang sarung tangan khusus guna meningkatkan kinerja para kiper. Mereka melakukan beberapa uji coba terhadap bahan-bahan berbeda guna mendapatkan sarung tangan yang tepat.

Sebenarnya Reusch baru punya pengalaman satu tahun membuat sarung tangan khusus untuk olahraga, terutama ski. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi para atlet dari cuaca dingin dan medan yang dilalui. Nah, ketika memutuskan membuat sarung tangan untuk kiper, fungsi protektif dikesampingkan karena fungsi membantu menangkap bola lebih mengemuka.

Sarung Tangan Kiper Merk Reusch

Hal yang unik, bukan hanya Reusch yang memberi tawaran kerjasama kepada Maier. Kiper Bayern Muenchen itu ternyata sempat menerima tawaran sejenis dari Karl Krumpolz. Tapi, karena Krumpolz tak punya pabrik sendiri, Maier lantas lebih memilih Reusch.

Menurut Maier, Reusch berhasil membuat sarung tangan khusus yang terbuat bahan lateks untuknya dalam waktu hanya dua hari. Sarung tangan bersejarah itu pada dasarnya merupakan pengembangan dari sarung tangan karet yang biasa digunakan di bidang kesehatan.

Sepp Maier dengan Produk Reusch

Ujian terhadap produk baru hasil kerjasama Reusch dan Maier terjadi pada Piala Dunia 1974. Hasilnya positif. Maier sebagai kiper utama timnas Jerman Barat berhasil membawa Die Nationalmannschaft menjadi juara. Di final, sarung tangan Reusch menjadi salah salah satu pembeda timnas Jerbar dengan lawannya, Belanda. Maklum, Jan Jongbloed mengawal gawang timnas Belanda tanpa sarung tangan.
Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...