Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

EURO 1992, KEJUTAN DARI TIM "DINAMIT" DENMARK

Minggu, 26 Mei 2013

Share this history on :

Tim Denmark membuat kejutan besar di Piala Eropa. Datang sebagai pengganti Yugoslavia yang dicabut partisipasinya menyusul konflik di Balkan, Brian Laudrup dan kawan-kawan malah tampil sebagai juara.

Tak hanya itu keberuntungan yang didapatkan anak-anak Skandinavia itu. Di babak penyisihan grup mereka juga nyaris tersingkir jika tak dibantu oleh tuan rumah Swedia.

Hanya mampu menahan imbang Inggris (0-0) dan mengalahkan Swedia (1-0), Demark harus menang dalam pertandingan penyisihan terakhir melawan Prancis, sambil berharap Swedia mengalahkan Inggris.

Dewi fortuna tampaknya masih melindungi skuad Richard Moller-Nielsen, setelah striker Swedia Thomas Brolin berhasil melesakkan gol penentu yang menaklukkan Inggris 2-1. Denmark pun lolos karena di saat bersamaan berhasil mengalahkan Prancis dengan skor sama, 2-1.

Di semifinal, Denmark memulai kejutannya. Juara bertahan, Belanda, mereka taklukkan lewat adu penalti. Sebelumnya, Henrik Larsen menceploskan dua gol, yang disamakan oleh Dennis Bergkamp dan Frank Rijkaard.

Adalah Peter Schmichel, kiper Denmark, yang menjadi pahlawan dalam pertandingan itu. Pemain Manchester United itu berhasil mengeblok eksekusi penalti pemain terbaik Eropa 1988, Marco Van Basten, dan mengantar Denmark menantang Jerman di final.

Denmark Berpesta

Pertandingan final Denmark versus Jerman ibarat pertandingan David vs Goliath. Juara dunia 1990 itu sangat diunggulkan. Namun, Denmark tak mau berhenti. Tim Panser pun terjungkal lewat gol-gol John Jensen dan Kim Vilfort. Hasil yang luar biasa buat skuad yang hanya punya waktu 11 jam untuk berbenah diri dan bertolak ke Swedia. Piala Eropa 1992 memang identik dengan kejutan Denmark.

Putaran final Euro 1992
Tuan rumah: Swedia
Waktu: 10-26 Juni
Tim: 8
Juara: Denmark
Runner up: Jerman
Jumlah pertandingan: 15
Total gol: 32  (2,13 per game)
Topskorer: Karl Heinz Riedle (Jerman), Henrik Larsen (Denmark), Thomas Brolin (Swedia),
Dennis Bergkamp (Belanda) - 3 gol
Partai final: Denmark 2 vs Jerman 0
Waktu: 26 Juni 1992
Tempat: Ullevi, Gothenburg,
Penonton: 37,800
Gol: Jensen 18, Vilfort 78
Wasit  : Bruno Galler (Swiss)

Sumber: Kompas.com
Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

1 komentar:

Anonim mengatakan...

denmark juara? saya harus berkata apa jika sang kiper schmeicel saja tidak percaya kalau denmark juara.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...