Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

SEJARAH SEPAK BOLA MASUK TELEVISI

Jumat, 05 Oktober 2012

Share this history on :


Sepak bola dan televisi saat ini diakui punya ikatan kuat. Sepak bola diakui berpengaruh kuat terhadap perkembangan dunia pertelevisian yang baru muncul pada 1926 via penemuan spektakular John Logie Baird. Sebaliknya, televisi juga punya kontribusi besar dalam mengembangkan sepak bola profesional.

Lalu, kapan sebenarnya perpaduan sepak bola dan televisi terjadi? Itu berlangsung pada 16 September 1937. Saat itu, stadion televisi BBC melakukan eksperimen siaran sebagian laga Arsenal menghadapi tim reserve-nya. Partai itu semua hanya sebuah laga uji coba yang dirancang secara khusus.

Squads Arsenal Bercengkrama dengan Kamera

Selanjutnya, BBC melakukan langkah lanjutan dengan menyiarkan partai internasional pertama antara Inggris dan Skotlandia pada 9 April 1938. Toh, tonggak yang sebenarnya tentulah ketika mereka menyiarkan secara penuh partai final Piala FA 1937-38 yang mempertemukan Preston North End dengan Huddersfield Town. Saat itu, tak kurang dari 10 ribu orang pemilik televisi di Inggris menyaksikan partai tersebut via layar kaca.

Perkembangan selanjutnya, televisi menjadi berwarna di Piala Dunia 1954. Pada gelaran di Swiss itu, untuk pertama kalinya partai Piala Dunia bisa disaksikan via televisi di rumah-rumah warga. Sayang, masih minimnya pemilik pesawat televisi membuat siaran seperti ini tidak mampu mengalahkan siaran via radio. Empat tahun kemudian, partai-partai Piala Dunia disiarkan secara langsung ke banyak Negara.

Setelah itu, seiring mulai memasyarakatnya pesawat televisi, pihak pengelola liga di berbagai Negara pun menggandeng televisi dalam upaya memopularkan olahraga yang satu ini. Bahkan di Inggris, terobosan terjadi pada 1992 ketika Sky TV setuju membeli hak siar Premier League dengan harga 304 juta pounds untuk masa lima tahun.
Logo Sky TV

Kini, hak siar televisi untuk Premier League makin meningkat lagi. Di liga lain pun hak siar televisi menjadi isu krusial dan rebutan banyak televisi. Ini menjadi bukti makin eratnya hubungan sepak bola dengan televisi. Hubungan yang belum terbayangkan kala Arsenal menghadapi tim reserve-nya hamper tujuh dekade silam.
Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

1 komentar:

Share4rt Berbagi mengatakan...

Ohh ternyata gtu ..
Nice artikel
kk Admin Mampir dan komentar kesini yaa ^^ http://share4rt.blogspot.com/

Follow saya sob nanti saya folback ^^

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...