Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

SEJARAH PEMAIN HITAM DI TIMNAS INGGRIS

Kamis, 13 September 2012

Share this history on :
Menilik performa timnas inggris, ada satu fenomena menarik yang mungkin luput dari perhatian. Saat ini, kita hampir selalu melihat pemain berkulit hitam membela the three lions. Bahkan, di squad piala dunia 2006 lalu tercatat ada tujuh pemain berkulit hitam. Satu pertanyaan muncul, apakah tren ini sudah berlangsung sejak lama?

Jangan salah, meski tonggak kiprah pemain hitam di sepak bola inggris sudah dirintis Arthur warthon, kiper preston north end pada 1880-an, kiprah mereka di timnas inggris terbilang baru. Kiprah pemain hitam di the three lions baru dimulai pada 29 november 1978. Kala itu Viv Anderson melakukan debutnya untuk inggris.

Viv Anderson

Pada 28 mei 2005, sebuah rekor tercipta kala pelatih Sven Goran Eriksson menurunkan tujuh pemain berkulit hitam (Sol Campbell, David James, Glen Johnson, Ashley Cole, Wes Brown, Jermaine Jenas dan Kieran Richardson) di starting line-up saat menghadapi Amerika Serikat. Itu adalah jumlah terbanyak sepanjang sejarah.

Hingga kini tercatat ada 53 pemain kulit hitam yang telah membela tim negeri asal pangeran Charles ini. Fakta ini membuat inggris sebagai salah satu tim eropa yang paling berwarna bersama perancis yang didominasi para imigran.

Data pemain hitam di timnas inggris:
Pemain pertama: Viv Anderson
Caps terbanyak: John Barnes (79)
Debutan termuda: Theo Walcott (17 tahun 2 bulan 20 hari)
Kapten termuda: Paul Ince (9 juni 1993, AS vs Inggris)



Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...