Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

PEBOLA PROFESIONAL PERTAMA

Jumat, 21 September 2012

Share this history on :


Bicara soal prestasi di sepak bola, Skotlandia memang bukan apa-apa. Namun, soal catatan sejarah,  bangsa Skotlandia boleh menepuk dada. Pasalnya, pebola dari negeri itulah yang menancapkan tonggak prefesionalisme. Dialah fullback Fergus Suter yang pada 1879 pindah dari Partick Thistle ke Darwen FC. Ketika menerima pinangan klup asal Lancashire itu, Suter berhenti dari perkerjaannya sebagai pemahat batu .

Alasannya, batu-batu di Inggris lebih keras sehingga  susah diolah. Tapi, faktanya tidak demikian. Dia pindah ke Darwen karena iming-iming bayaran menggiurkan. Langkah Suter kemudian diikuti oleh kerabatnya, kiper John Love yang juga bergabung dengan Darwen.

Pada musim panas 1880, Suter pindah ke saingan sekota Darwen, Blackburn Rovers. Kabarnya, Blackburn bersedia memberi bayaran lebih mahal kepadanya. Di sana, dia berhasil membawa The Rovers tiga kali juara Piala FA.

Tak dinyana, seiring kesuksesan yang diraup Suter dan klubnya, banyak pebola lain yang lantas mengkuti jejak pemain asal Skotlandia tersebut. Merespons tren tersebut, asosiasi sepak bola Inggris (FA) pada 1885 membuat peraturan yang melegalisasi hal tersebut sekaligus mengubah wajah sepak bola memasuki era profesional.
Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...