Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

EURO 1976, KEJUTAN CEKOSLOWAKIA

Sabtu, 25 Mei 2013

Share this history on :

Datang sebagai juara bertahan dan dengan pemain bintang bukan berarti Jerman Barat tampil sebagai jawara di Piala Eropa 1976. Adalah Cekoslowakia yang mencuat sebagai juara di antara negara-negara besar.

Pada gelaran Piala Eropa 1976 yang digelar di Yugoslavia ini, hanya empat negara yang masuk putaran final. Jerman Barat yang sukses menjadi juara di Piala Eropa 1974 dan juara dunia 1978, masih mengusung nama-nama besar seperti Sepp Maier, Berti Vogts, Dieter Muller dan tentu saja sang jendral Franz Beckenbauer. Tak heran jika Der Panzer masih diunggulkan.

Meski demikian tim Belanda dengan total football juga tidak bisa dipandang enteng. Belum lagi sejumlah nama tenar seperti Johan Cruyff dan Johan Neeskens menghiasi skuad "Singa Oranye" yang merupakan finalis Piala Dunia 1978 ini. Meski demikian lain di atas kertas, lain pula di atas lapangan. Cekoslowakia yang mengandalkan permainan tim menjadi kuda hitam mampu membalikkan semua prediksi.

Belanda yang lebih dulu menjadi korban Cekoslowakia setelah menyerah 3-1 di Maksimir Stadium, Zagreb, lewat perpanjangan waktu. Pada pertandingan tersebut Belanda memang sedang pincang karena diperkuat oleh Johan Neeskens dan Wim van Hanegem karena terkena kartu merah. Cekoslowakia mampu memanfaatkan kondisi tersebut dan selama waktu normal 2x45 menit bermain imbang 1-1.

Zdenik Nehoda membuat Cekoslowakia unggul di menit ke-114 dan Frantisek Vesely memastikan kemenangan skuadnya menjadi 3-1. Kemenangan tersebut membawa mereka lolos ke final.

Lawan berikutnya Cekoslowakia adalah juara bertahan Jerman Barat yang di semifinal berhasil mengatasi tuan rumah Yugoslavia 4-3. Namun di final tim "Panser" mendapatkan perlawanan ketat dari Cekoslowakia.

Gawang Jerman sudah kebobolan lebih dulu lewat gol Jan Svehlik pada menit ke-8 dan ini juga tercatat sebagai gol tercepat di Euro 1976. Jerman membalasnya lewat gol Dieter Muller di menit ke-28. Karol Dobias kembali membuat Cekoslowakia memimpin sebelum Jerman menyamakan kedudukan lewat gol Bernd Holzenbein satu menit sebelum pertandingan berakhir.

Cekoslowakia Berpesta

Pertandingan akhirnya ditentukan lewat adu penalti dan keluar sebagai pemenang. Bagi Cekoslowakia ini adalah kali pertamanya merasakan juara Piala Eropa. Dieter Muller tampil sebagai topskorer putaran final dengan empat gol.

Putaran final Euro 1976
Tuan rumah: Yugoslavia
Waktu: 16-20 Juni
Tim: 4
Juara: Cekoslowakia
Runner up: Jerman Barat
Jumlah pertandingan: 4
Total gol: 19 (4,75 per game)
Topskorer: Dieter Muller (Jerman Barat) – 4 gol
Partai final : Cekoslowakia 2 vs Jerman Barat 2
Waktu: 20 Juni
Tempat: Crvena Zvezda Stadium, Beograd
Penonton: 35.000
Gol:  Svehlik 8, Dobias 25; D. Muller 28, Holzenbein 89
Cekoslowakia menang adu penalti 5-3 
[Masny 1-0, Bonhof 1-1; Nehoda 2-1, Flohe 2-2; Ondrus 3-2, Bongarts 3-3; Jurkemik 4-3, U.Hoenesss 4-3 (over); Panenka 5-3]
Wasit:  Sergio Gonella (Italia)

Sumber: Kompas.com
Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

2 komentar:

Anonim mengatakan...

keberuntungan menyelimuti cekoslovakia. mereka unggul dua gol. namun jerman menyamakannya. dan adu penalti menambah keberuntungannya. uli hoeness gagal dan panenka mengejutkan.

Anonim mengatakan...

cekoslovakia hanya beruntung. dan jerman terlalu jumawa hingga terjungkal.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...