Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

SEJARAH KEJUARAAN COPA SUDAMERICANA

Minggu, 21 Oktober 2012

Share this history on :


Copa Libertadores memang ajang paling bergengsi antarklub Amerika Selatan. Pamornya yang setara dengan Liga Champions membuat banyak orang lupa bahwa ada ajang antarklub lain di belahan dunia yang kerap memproduksi pemain-pemain brilian tersebut.

Namun Copa Libertadores bukanlah satu-satunya kejuaraan antarklub Amerika Selatan. Ada ajang lain yang juga mempertemukan klub-klub di zona tersebut. Namanya Copa Sudamericana.

Kejuaraan ini pada dasarnya merupakan kelanjutan dari Copa Merconorte dan Copa Mercosur. Saat Copa Mercosur terhenti pada 2001, sedianya akan digelar Copa Pan-Americana mulai tahun berikutnya. Namun, kejuaraan itu gagal diselenggarakan. Sebagai alternatif, klub-klub di Amerika Selatan kemudian menggelar Copa Sudamericana.

Trofi Copa Sudamericana

Uniknya, ajang ini tak secara eksklusif diikuti para wakil dari negara-negara Amerika Selatan. Sejak 2005, klub-klub AS dan Meksiko juga diikutsertakan. Bahkan, pada tahun itu, empat wakil negeri sombrero berhasil melaju ke perempatfinal.

Adapun format yang digunakan dalam kompetisi yang sejajar dengan Piala UEFA ini adalah sistem gugur. Menariknya lagi, pada putaran pertama, klub-klub dari negara yang sama akan saling baku-hantam. Baru pada babak selanjutnya penentuan lawan dilakukan lewat mekanisme undian.

Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...