Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

SEJARAH ISTILAH "SOCCER"

Selasa, 09 Oktober 2012

Share this history on :


Darimana asal mula istilah "Soccer"? Mengapa akhirnya ada yang menggunakan istilah "Soccer" atau "Football" untuk menyebut sepak bola? Sosok pria ini mungkin merupakan yang paling bertanggung jawab atas hal ini.
Pada 9 Oktober 1866, Charles Wreford-Brown dilahirkan di Bristol. Kendati dua kali mengapteni timnas Inggris, dia lebih dikenal akan warisan abadi atas penemuan istilah "Soccer" yang mengacu pada sepak bola.
Asosiasi sepak bola Inggris sendiri terbentuk pada 1863 dan dengan cepat membuat sejumlah regulasi permainan. Kala itu, sepak bola disebut association football untuk membedakan olahraga itu dari sepak bola jenis lainnya, seperti rugby.

Menurut legenda, Wreford-Brown adalah seorang pelajar di Oxord ketika diajak oleh teman-temannya bermain rugby. Saat itu, rugby disebut "rugger". Wreford-Brown muda cuma merespon kalau dia lebih memilih bermain "Soccer". Itulah cikal-bakal istilah tersebut. Imbuhan "-er" sendiri saat itu merupakan singkatan Oxford untuk mengganti kata asosiasi.
Kecintaan Wreford-Brown terhadap olahraga membuatnya bermain bagi Inggris. Dia menjadi kapten tim sebanyak dua kali pada 1894 dan 1895, keduanya melawan Wales. Setelah itu, dia kemudian mengambil peran sebagai legislatif di sepak bola yang mewakili Old Carthusians dan kemudian Oxford di dalam FA. Dia juga menduduki jabatan komite seleksi timnas Inggris.
Kata "Soccer" sendiri terus digunakan di Inggris pada abad ke-19, kala itu masyarakat dari kelas rendah lebih dilibatkan dalam pertandingan. Kata "Soccer" kemudian terus digunakan mendunia. Namun, pada akhirnya, masyarakat Inggris lebih banyak menyebut sepak bola dengan "football", sementara "Soccer" tetap digunakan di Australia, Canada, Selandia Baru, dan Amerika Serikat (duniasoccer)

Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...