Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

KIPER JUARA DUNIA

Senin, 01 Oktober 2012

Share this history on :

Salah satu faktor keberhasilan tim juara dunia tentu saja sosok yang berdiri di bawah mistar gawang, sang kiper. Kontribusi  mereka memang kerap terlupakan, padahal tanpa kehadiran penjaga gawang yang mumpuni, cukup sulit bagi sebuah tim untuk kampiun. Kematangan seorang kiper biasanya sangat menentukan. Tak heran para pelatih acap kali percaya kepada kiper-kiper yang sudah matang.

Enrique Ballesteros

Dalam sejarah Piala Dunia, tecatat hanya dua kali sebuah tim mampu juara dengan mengandalkan kiper muda. Pertama saat Uruguay menjadi juara untuk pertama kalinya pada perhelatan pertama. Saat itu, mereka mengandalkan Enrique Ballesteros yang baru berumur 25 tahun.

Bodo Illgner

Bertahun-tahun, dia menjadi kiper termuda yang membawa sebuah tim menjadi juara dunia. Baru di Italia 1990 rekor itu terpecah ketika Jerman Barat menjadi juara. Andalan pelatih Franz Beckenbauer saat itu adalah Bodo Illgner, kiper  FC Koeln yang berumur 23 tahun.

Dino Zoff

Sementara itu, kiper Italia saat menjuarai Piala Dunia 1982, Dino Zoff, hingga kini tercatat sebagai kiper tertua. Sedangkan satu-satunya kiper yang menjadi juara dunia dua kali dengan menyandang predikat kiper utama adalah Gilmar Santos (Brasil) pada 1958 dan 1962.
Terima kasih atas kunjungannya. Untuk kelangsungan blog ini, dimohonkan untuk mengklik iklan minimal satu. Terima Kasih
Komentar anda sangat kami harapkan ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...